Subscribe:

Jumat, 03 Agustus 2012

PEMBENTUKA BUNGA KOPI

         
          Tanaman kopi membentuk bunga dari mata tunas yang berada di ketiak-ketiak daun pada cabang yang mengarah mendatar. Masing-masing ketiak daun terdapat di sekitar 5 mata tunas. Cabang kopi arabika biasanya terdapat 3-5 mata tunas. Setiap buku dari cabang plagiotrop terdapat satu pasang  daun yang saling berhadapan 5 mata tunas sehingga setiap buku dari cabang terdapat sekitar 10 mata tunas. Setiap mata tunas dapat tumbuh membentuk argan vagetatif (cabang dan daun), membentuk organ generatif (bunga, buah, dan biji), atau
tetap dalam keadaan dorman. Pertumbuhan mata tunas menjadi primadona bunga memerlukan proses diferensiasi yang dipicu oleh faktor lingkungan,antara cahaya temperatur.
         Pembentukan primadona bunga kopi di pengaruhi oleh lama penyinaran (periodisitas cahaya). Panjang hari yang kritis kopi arabika 13-14 jam. Jika panjang penyinaran matahri lebih lama dari dari batas tersebut, akan menghambat pembenukan bunga dan tanaman hanya tumbuh vegetatif. Dalam hubungan inilah periodisitas cahaya menentukan batas lintang penyebaran tanaman kopi, yaitu 20 derajat lintang utara (LU) dan 20 derajat lintang selatan (LS).

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih karena telah mengunjungi blog kami