Subscribe:

Sabtu, 28 Juli 2012

JENIS-JENIS KOPI

     
        Ada empat jenis kelompok kopi yang terkenal, yaitu kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika, dan kopi ekselse, kelompok kopi yang dikenal memiliki nilai ekonomis dan diperdagangkan secara komersial, yaitu kopi arabika dan kopi rabusta. sementara itu, kelompok kopi liberika dan kopi ekselsa kurang ekonomis dan kurang komersial.
         Kopi arabika dan kopi rabusta memasok sebagian besar perdagangan kopi dunia. Jenis kopi arabika memiliki kualitas cita rasa tinggi dan kadar kafein lebih rendah dibandingkan dengan robusta sehingga
hargannya lebih mahal. kualitas cita rasa kopi robusta di bawah kopi arabika, tetapi kopi robusta tahan terhadap penyakit karat daun. Oleh karena itu, luas areal pertanaman kopi robusta di indonesia lebih besar dari pada luas areal pertanaman kopi arabika sehingga terbatas pada lahan dataran tinggi di atas 1.000 meter dari permukaan laut agar tidak terserang karat daun kopi.
         Kopi liberika dak kopi ekselsa dikenal kurang ekonomis dan komersial karena banyak memiliki variasi bentuk dan ukuran biji serta kualitas cita rasanya. Kegiatan seleksi terhadap jenis kopi liberika masih mungkin dilakukan untuk membuktikan nilai ekomomis dan komersial agar dikenal masyarakat luas.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih karena telah mengunjungi blog kami